Berita

Target penyaluran KUR 2012 sebesar Rp 30 triliun

Berita | Senin, 16 Januari 2012 23:35

JAKARTA. Tahun 2012, pemerintah mematok penyaluran Kredit Usaha Rakyat  (KUR) sebesar Rp 30 triliun. Target ini naik 50% dibandingkan tahun 2011  lalu yang sebesar Rp 20 triliun.

Kenaikan target ini lantaran  realisasi penyaluran KUR tahun lalu cukup baik. Menteri Koordinator  bidang Perekonomian Hatta Rajasa mencatat, realisasi penyaluran KUR 2011  mencapai Rp 29,2 triliun.

Pada 2011 lalu, total nasabah KUR  lalu sebanyak 6 juta nasabah, dimana 600.000 nasabah diantaranya adalah  nasabah yang telah naik kelas menjadi nasabah komersial. "Yang tadinya  dikategorikan non bankable menjadi bankable," jelasnya, dalam konferensi  pers Selasa (10/1).

Seperti tahun lalu, penyaluran dan KUR akan  melalui perbankan. Untuk tahun ini, Hatta mengatakan, sebanyak 50% dana  penyaluran KUR disalurkan melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Pemerintah  juga akan menambah aksesibilitas masyarakat terhadap KUR. Rencananya,  pemerintah akan menambah jumlah  Pembangunan Daerah (BPD) sebagai bank  penyalur dana KUR. Hatta berharap BPD bisa menyalurkan kredit sebesar Rp  20 juta ke atas. Tahun ini, Bank BNI Syariah juga akan menyalurkan KUR.

Catatan saja, tahun 2011 lalu jumlah bank penyalur KUR sebanyak  enam bank (BRI, Mandiri, BNI, BTN, Bukopin, BSM) dan 13 BPD. Dengan  begitu, total bank penyalur KUR tahun ini bertambah menjadi 33 bank.

Pemerintah  juga menambah lembaga penjamin KUR. Jika selama ini KUR hanya dijamin  oleh Askrindo dan Jamkrindo, maka mulai tahun ini Askrida (Asuransi  Kredit Daerah) Jawa Timur juga ikut memberikan jaminan. "Terkait suku  bunga, kita tetapkan  untuk ritel maksimum 13% dan mikro itu maksimum  22%," kata Hatta.

Hatta berharap, tahun ini penyaluran KUR akan  lebih dokus kepada sektor-sektor hulu seperti pertanian, perikanan dan  sektor industri. Pada tahun 2011 lalu, dari total penyaluran KUR  sebanyak 34,4% disalurkan ke sektor hulu. Sehingga, "Kami mengharapkan  dari sektor hulu itu akan bisa tumbuh lebih baik dan tidak hanya usaha  mikro tapi juga akan tumbuh jadi bankable (komersial)," ungkapnya.

Sumber : http://nasional.kontan.co.id/news/Target-penyaluran-KUR-2012-sebesar-Rp-30-triliun/2012/01/10