Berita

UNTUK 70 KK DUSUN PADASAN; Jamkrindo Bantu Sarana Air Bersih

Berita | Rabu, 28 Desember 2011 08:30

SLEMAN (KR) - Sebanyak 70 Kepala Keluarga (KK) Dusun Padasan, Pekembinangun, Pakem, Sleman yang mengalami kesulitan air bersih akibat dampak lahar dingin Sungai Kuning, memperoleh bantuan pengadaan air bersih dari Perum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) Kantor Cabang Semarang, Sabtu (24/12). Bantuan sumur penampungan dan jaringan perpipaan ke rumah warga tersebut diresmikan Wakil Bupati Sleman Yuni Satia Rahayu.
Direktur Penjaminan Perum Jamkrindo Ir Nanang Waskito mengatakan, pengadaan air bersih ini dilaksanakan melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Dalam pelaksanaannya melibatkan tim kerja terpadu dengan masyarakat setempat, dan besaran dana untuk pembangunan fasilitas senilai Rp 94 juta tersebut dilaksanakan secara swakelola dan bersifat pemberdayaan masyarakat.
”Pelaksanaan program ini dilakukan secara gotongroyong dan merupakan hasil kerja keras warga,” ujarnya di sela peresmian Pengadaan Air Bersih (PAB) di Dusun Padasan.
Selain PAB, lanjutnya, beberapa PKBL yang telah dilaksanakan Kantor Cabang Semarang untuk wilayah Jateng dan DIY di antaranya program penghijauan Daerah Aliran Sungai (DAS) dan berbagai program pemberdayaan masyarakat lintas sektoral. Seperti bantuan kredit lunak, penguatan modal, dan pendampingan bagi sejumlah kelompok tani, ternak serta beberapa Usaha Kecil dan Menengah (UKM) lainnya.
Wakil Bupati Sleman Hj Yuni Satia Rahayu mengapresiasi dukungan dan langkah-langkah yang dilakukan Perum Jamkrindo. Bencana erupsi dan banjir lahar dingin, telah mengakibatkan sejumlah mata air tidak berfungsi dan berdampak terganggunya suplai air untuk wilayah DIY yang selama ini tergantung pasokan dari sumber-sumber mata air di kawasan Merapi Sleman. Karena itu, dukungan berbagai pihak masih diharapkan. ”Kami berpesan, bantuan sarana air bersih ini dapat dimanfaatkan warga dengan baik,” ujarnya.

sumber : Kedaulatan Rakyat