PT Jaminan Kredit Indonesia

Telp

(021) 6540335

10 Finalis Jamkrindo Hackathon Challenge Masuk Tahap Seleksi Akhir

10 Finalis Jamkrindo Hackathon Challenge Masuk Tahap Seleksi Akhir

10 Finalis Jamkrindo Hackathon Challenge Masuk Tahap Seleksi Akhir

Sebanyak 10 tim yang masuk final kompetisi Jamkrindo Hackathon Challenge (JHC) terpilih mengikuti Bootcamp Program dan Hackathon Day untuk mencari pemenang dalam kompetisi Hackathon 2019 dalam seleksi akhir. Kompetisi yang mengangkat tema “Smart Access Technology” ini digelar dalam rangka menyambut HUT Perum Jamkrindo Ke-49.

Direktur Utama Perum Jamkrindo Randi Anto mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk menjaring kreativitas generasi muda millenial yang memiliki kemampuan di bidang pemrograman dan pengembangan teknologi informasi. “Kompetisi ini diharapkan dapat meningkatkan penetrasi pasar di ekosistem digital sehingga dapat menciptakan produk baru penjaminan kredit UMKM yang kemudian dapat memberikan revenue dan benefit bagi perusahaan,” ujar Randi Anto dalam siaran pers, Selasa (9/7/2019)

Hadir dalam acara pembukaan Direktur Operasional dan Jaringan Kadar Wisnuwarman, Direktur Bisnis Penjaminan Amin Mas'udi, dan Direktur Keuangan I.Rusdonobanu.

Kadar Wsnuwarman menyampaikan harapannya agar melalui kompetisi ini lahir ide-ide baru yang dapat membatu kegiatan operasional Perum Jamkrindo.
Para peserta yang berhasil masuk ke babak akhir ini di dapat dari Hasil roadshow di 6 kita yakni Surabaya, Yogyakarta, Depok, Jakarta, Semarang dan Bandung.

Hackathon atau hacking + marathon merupakan momentum berkumpulnya programmer, project manager, ICT researcher/enthusiast untuk membangun aplikasi (hacking). Terdapat 153 programmer dan developer yang mendaftar yang tergabung dalam 40 Tim. Setelah diseleksi, terpilih 20 tim dan setelah itu diseleksi kembali hingga menjadi 10 tim finalis yang mendapatkan kesempatan masuk ke tahap selanjutnya di Jamkrindo Bootcamp Program dan Hackathon Day. Adapun 10 Tim Finalis yang lolos seleksi adalah Jepret, Bettfuu, Permanent Betadev, aFa, Tri Maskentir, Market Link, Keep It Daily Hack Team, D’Ocean, SamiAsih, dan MAOS.

Para finalis selanjutnya saling unjuk kemampuan dalam pengembangan fitur dan teknologi baru, khususnya di bidang penjaminan kredit bagi UMKM. Mereka diharapkan dapat menemukan dan menciptakan alternatif produk penjaminan baru sehingga masyarakat, khususnya generasi milenial di Indonesia dapat semakin mudah dan cepat dalam memperoleh akses pembiayaan serta penjaminan kredit bagi UMKM.

JHC terdiri dari 3 kategori perlombaan yaitu Corporate Activity, SME Tracking and Database Record, dan Marketing Force Monitoring untuk memperebutkan hadiah sebesar Rp200.000.000. Opening dan Welcoming Finalis dilaksanakan di Ruang Serbaguna Penjaminan Perum Jamkrindo, Selasa 9 Juli 2019. Selanjutnya Jamkrindo Bootcamp Program dan Hackathon Day akan dilaksanakan pada tanggal 10 hingga 12 Juli 2019 di Hotel Mercure Jakarta Batavia, Jakarta Pusat.

Lalu Ceremony Awarding Pemenang Jamkrindo Hackathon 2019 dilaksanakan bertepatan pada puncak HUT Ke-49 Perum Jamkrindo, Sabtu 13 Juli 2019 di Allianz Ecopark.

Kepala Divisi Manajemen Risiko dan pemeringkatan Usaha Mikro, Usaha Kesil, Usaha Menengah, Konsultasi Manajemen (PUKM) Ceriandri Widuri menjelaskan, pembuatan aplikasi dilakukan oleh perorangan maupun kelompok (3-5 orang). “JHC adalah gerakan inovasi Perum Jamkrindo untuk terus meningkatkan layanan dan pengembangan produk baru berbasis digitalisasi,” katanya.

JHC merupakan kompetisi hack marathon bertema Guarantee Technology pertama di Indonesia yang dipelopori oleh Perum Jamkrindo melalui pengembangan fitur dan teknologi baru, khususnya di bidang penjaminan kredit bagi UMKM. Melalui kompetisi ini, diharapkan lahir aplikasi yang dapat mendukung serta memberikan kecepatan dari sisi layanan dan produk Penjaminan bagi UMKM. (*)

Logo jamkrindo

PT Jaminan Kredit Indonesia

, Indonesia