Berita

Pasar Murah BUMN Peduli

Berita | Jumat, 29 Juli 2011 08:25

KEMENTERIAN Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar Pasar Murah BUMN Peduli bersama Forum Komunikasi BUMN Kalimantan Barat, serentak di 14 kabupaten/kota. Pasar Murah BUMN Peduli dimulai Kamis (28/7) sore di Kota Pontianak, mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat. Menyusul serentak di seluruh Kabupaten/Kota se-Kalbar pada hari Sabtu dan Minggu, 30-31 Juli. Hari ini, Jumat, 29 Juli, pasar murah digelar di Kota Pontianak dipusatkan di Kecamatan Pontianak Timur, Kantor Kelurahan Saigon, Jl. Tanjung Raya II.Ketua Forum Komunikasi BUMN Kalbar, Wagio Ripto Sumarto, usai meninjau langsung pelaksanaan Pasar Murah BUMN Peduli kemarin, menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok menjelang hari besar keagamaan dalam hal ini menyambut Ramadan. “Nanti juga akan digelar untuk menyambut Idulfitri, Natal dan Tahun Baru,” katanya.

Ada tiga komoditi yang dijual untuk setiap kabupatennya, yaitu beras Bulog lima ton, gula lima ton, dan minyak goreng 3.000 liter. “Adanya pasar murah ini diharapkan dapat membantu masyarakat, menstabilkan harga kebutuhan pokok di pasar,” ujar Wagio yang juga menjabat sebagai Direktur SDM & Umum PTPN XIII. Ditambahkannya, barang yang dijual masing-masing dengan harga yang sudah disubsidi, yang pendanaannya dari Kementerian BUMN.Terbentuk Panitia Pasar Murah BUMN Peduli tingkat Provinsi Kalbar, dengan Ketua Umum, Sofyan Nasution dari PTPN XIII, Ketua I Busri dari Sucofindo, dan Ketua II Edy dari Bulog. Sedangkan Sekretaris Umum Samsudin dari Pupuk Kaltim, Sekretaris I Ineng dari Jasa Raharja, dan Sekretaris II Hendra dari PLN. Bendahara Umum Saut S dari Bank Mandiri, Bendahara I Turiman dari BRI, dan Bendahara II Helmi G dari Pelindo II.

Untuk terselenggaranya Pasar Murah BUMN Peduli di seluruh Kabupaten/Kota se-Kalbar ditunjuk beberapa penanggungjawab, di Kabupaten Bengkayang PT PLN dan Perumnas; di Kabupaten Kapuas Hulu PT BRI; di Kabupaten Kayong Utara PT Jamsostek; di Kabupaten Ketapang PT Pusri dan Pupuk Kaltim; di Kabupaten Kubu Raya PT Angkasa Pura II, Inhutani, dan Garuda Indonesia; Kabupaten Landak Perum Pegadaian dan BTN; Kabupaten Melawi Perum Damri; Kabupaten Pontianak PT PNM; Kabupaten Sambas PT Sucofindo; Kabupaten Sanggau Bank Mandiri; Kabupaten Sekadau Bulog, Pelindo II, dan ASDP; Kabupaten Sintang PT Pos Indonesia, BNI, dan Jasa Indonesia; Kota Pontianak PTPN XIII bersama Jamkrindo; Kota Singkawang PT Jasa Raharja bersama PT Askes. (*)

sumber : pontianak post