Berita

Jamkrindo Jadi Penjamin Syariah Pertama di Dunia

Berita | Rabu, 30 Maret 2011 08:20

JAKARTA- Perum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) menjadi penjamin syariah pertama di dunia dengan outstanding penjaminan pembiayaan yang semakin meningkat.

"Tahun ini kami mendapatkan pengakuan sebagai perusahaan penjamin syariah pertama di dunia," kata Direktur Utama Perum Jamkrindo, Nahid Hudaya, di Jakarta, Selasa (27/12).

Ia mengatakan, dalam waktu sekitar 10 tahun outstanding penjaminan pembiayaan syariah BUMN yang tahun ini berumur 30 tahun ini telah mencapai Rp4,9 triliun.

Jumlah itu terdistribusi pada berbagai sektor usaha yang dijalankan oleh koperasi dan UMKM.

"Sejak 2003 mitra kerja kami bertambah seiring dengan dilakukannya kerja sama dengan Bank Syariah Mandiri," katanya.

Saat ini pihaknya telah memiliki perjanjian kerja sama penjaminan pembiayaan syariah dengan beberapa perbankan syariah/lembaga keuangan syariah.

Jenis-jenis akad pembiayaan syariah yang dapat dijamin perusahaan itu di antaranya pembiayaan murabahah, salam, istishna', mudharabah, musyarakah, ijarah, dan ijarah muntahiyah bittamlik.

"Persyaratan administrasi yang harus dipenuhi nasabah di antaranya identitas calon terjamin, studi kelayakan usaha, dan berkas lain sesuai produk yang dijamin," katanya.

Sedangkan untuk kontra bank garansi coverage penjaminan sebesar 75-100 persen dari nilai bank garansi atau bergantung pada jenis bank garansi dan persyaratan yang ditentukan penerima jaminan.

Sampai saat ini mitra kerja perusahaan umum yang sedang memproses diri menjadi perseroan terbatas itu memiliki mitra kerja meliputi bank syariah, unit perbankan syariah, lembaga keuangan bukan bank syariah, bank perkreditan rakyat syariah, dan lembaga pembiayaan syariah lainnya.

sumber : Investor Daily Indonesia