Berita

Bank dimintai danai mantan TKI binaan

Berita | Jumat, 11 Februari 2011 08:15

JAKARTA: Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) meminta perbankan nasional agar memberikan pinjaman bersuku bunga murah kepada TKI purna binaan lembaga itu.
Menurut Kasie Perlindungan (BP3TKI) Jakarta Yull Evira Yulinda, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Nasional Indonesia (BNI) dan Bank Mandiri dapat memberikan pinjaman kredit bagi TKI yang telah kembali ke Tanah Air.

"Banyak BP3TKI yang memiliki binaan berupa TKI Purna, seperti di Jakarta yang punya 90 orang dan siap dibina oleh perbankan melalui dana PKBL [program kemitraan bina lingkungan," katanya, hari ini.

Yull Evira menyatakan hal tersebut menanggapi komitmen ketiga perbankan untuk membantu TKI purna melalui dana Kredit Usaha Rakyat (KUR).

umumnya, dia menambahkan TKI purna binaannya sudah mempunyai usaha di bidangnya, tapi mereka memiliki kendala permodalan dalam pengembangan usahanya.

"90% TKI purna itu adalan mantan TKI asal Timur Tengah yang rata-rata tidak memiliki modal yang cukup untuk mengambangkan usahanya," ungkapnya.

Dalam tahun anggaran 2009, dia mencontohkan BP3TKI Jakarta sudah melakukan pembinaan 30 TKI purna.

Pada 2010, jumlah yang dibinanya meningkat menjadi 60 orang yang binaanya dilakukan melalui dua angkatan.

"Kami memberikan pelatihan mengenai ilmu kewirausahaan dan pengetahuan memasak," jelasnya. (mfm)

sumber : bisnis.com