Berita

Perum Jamkrindo Berikan Penjaminan KUR dan SRG untuk Petani di Dompu

Berita | Selasa, 23 Mei 2017 13:20

DOMPU- Perum Jamkrindo mendukung program Akselerasi Keuangan Sinergi dan Inklusi – Pangan atau disingkat AKSI Pangan yang digagas oleh  Otoritas Lembaga  Jasa Keuangan (OJK) dengan memberikan penjaminan KUR dan Sistem Resi Gudang untuk petani. Komitmen Perum Jamkrindo ini ditunjukan dengan keikutsertaannya dalam program Aksi Pangan dengan tema 'Aksi industri Jasa Keuangan Dalam Mengatasi permasalahan Pertumbuhan Akses Keuangan ' yang  dilaksanakan  di Pulau Sumbawa, Dompu, Nusa Tenggara Barat pada Selasa, 23 Mei 2017 

Pogram  untuk sektor pertanian dan peternakan dalam Aksi Pangan ini merupakan pelaksanaan  kedua kalinya setelah sebelumnya dilaksanakan di Payakumbuh, Sumatera Barat yang merupakan program inisiatif OJK bersama dengan Kementerian Pertanian, bersinergi bersama Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN, Kementerian Koperasi dan UKM, serta asosiasi dan industri jasa keuangan sebagai wujud implementasi program 'Sinergi Aksi untuk Ekonomi Rakyat' yang telah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo. 

Melalui program AKSI Pangan ini, peran Perum Jamkrindo sebagai satu-satu BUMN yang mendapatkan penugasan untuk melakukan penjaminan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebagaimana  yang sudah ditetapkan dalam UU No 1/2016 tentang penjaminan akan mendorong penyaluran kredit ke sektor pertanian serta memperluas akses petani  ke perbankan.

Selain itu, Perum Jamkrindo juga mendapatkan penugasan sebagai Lembaga pelaksana penjaminan resi gudang (LPP-SRG)  sebagaimana di amanatkan dalam PP No. 1 Tahun 2016 mendapatkan tugas untuk melindungi hak Pemegang Resi Gudang dan/atau Penerima Hak Jaminan apabila terjadi kegagalan, ketidakmampuan, dan/atau kebangkrutan Pengelola Gudang dalam menjalankan kewajibannya.

Dirut Perum Jamkrindo Diding S. Anwar mengatakan Perum Jamkrindo ditunjuk menjadi satu-satunya perusahaan penjaminan yang menjamin SRG.   "Kami berkomitmen untuk pemberdayaan UMKM dan Memelihara stabilitas dan Integritas Sistem Resi Gudang yang ada di seluruh Indonesia,  Jamkrindo siap mengakomodir penjaminan sistem resi gudang, penjaminan kredit beragun resi gudang .

Lebih lanjut, kata Diding S. Anwar, bahwa pemberian jaminan resi gudang diharapkan mampu membantu meningkatkan kepercayaan  petani, poktan, gapoktan dan koperasi pada sistem resi gudang dan mempermudah petani, poktan, gapoktan dan koperasi para untuk dapat mengakses kredit dari Bank dengan beragun resi gudang. Disamping itu juga untuk meningkatkan daya saing petani, poktan, gapoktan dan koperasi sehingga mampu tumbuh menjadi usaha yang berkelanjutan dengan skala yang lebih besar.

“Dengan adanya sistem resi gudang maka akan mempercepat pengembangan sektor pertanian dan pemberdayaan petani, poktan, gapoktan dan koperasi. Untuk itu, penting kiranya adanya peningkatan akses pembiayaan dan mengembangkan petani, poktan, gapoktan dan koperasi kepada Lembaga Keuangan guna penanggulangan/pengentasan petani dari sistem ijon,” kata Diding.

Adapun komoditi yang bisa disimpan oleh pengelola gudang dalam rangka pelaksanaan SRG antara lain yaitu antara lain rotan, gabah, gambir, beras, teh, jagung, karet, rumput laut, kopi, kakao, timah, lada, kopra, dan garam.

Kredibilitas Jamkrindo sebagai lembaga mitra terpercaya dalam penjaminan diakui dunia internasional. Dengan tagline Your TRUSTed Guarantee Partner ternyata Jamkrindo mampu   menembus produk  usaha mikro kecil dan menengah-koperasi (UMKM-K)  Indonesia ke pasar Amerika Latin.  Upaya  mengukuhkan sayap bisnis sekaligus  mengimplementasikan  SRG ini sudah mulai dilakukan dengan penjajakan berupa studi banding ke Bulgaria dan  India. 

Sebelumnya, Perum Jamkrindo telah melakukan penandatangan Nota Kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) , PT POS dan PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI)  dalam rangka sinergi BUMN untuk meningkatkan kepakan sayap bisnis SRG. (Humas)