Berita

Jamkrindo Gelar Seleksi Siswa Mengenal Nusantara 2017

Berita | Selasa, 23 Mei 2017 11:00

Pangkalpinang - Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) menggelar seleksi Siswa Mengenal Nusantara 2017 tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Pangkalpinang, Senin.

Menurut Kepala Perum Jamkrido Cabang Pangkalpinang, Boy Herwin Nur, ada sebanyak 35 pelajar berprestasi dari tujuh kabupaten dan kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang mengikuti ajang seleksi tersebut.

"Dari 35 siswa yang diseleksi hari ini hanya 20 orang yang terdiri atas 18 siswa dari sekolah umum (SMU/SMK) dan dua siswa dari SLB yang akan diikutsertakan pada program Siswa Mengenal Nusantara yang akan dilangsungkan selama tujuh hari di Bandung, Jawa Barat pada pekan ketiga Juli 2017," katanya usai membuka seleksi tingkat provinsi itu.

Boy Herwin menjelaskan, program itu merupakan rangkaian dari kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan 17 Agustus 2017, dimana seleksi digelar atas kerja sama Jamkrindo Cabang Pangkalpinang dengan Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Ini program Kementerian BUMN yang bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan para siswa siswi sebagai warga Indonesia yang saat ini mulai tergerus akibat terpapar budaya dari luar baik melalui media sosial maupun media lainnya," katanya.

Menurut Boy Herwin Nur, melalui program ini para duta dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berkesempatan memperkenalkan potensi pariwisata, seni budaya, sejarah, kuliner dan ciri khas daerahnya kepada para siswa siswi dari daerah lain.

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menanamkan rasa bangga sebagai bangsa yang memiliki keragaman dan kekayaan nusantara melalui pemahaman nyata yang dilaksanakan dengan proses pertukaran informasi dan pengalaman antarsiswa.

"Kami berharap program ini berjalan baik dan sukses hingga puncak kegiatan pada 17 Agustus 2017 nanti," ujarnya.

Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Sekolah Menengah Kejuruan Dinas Pendidikan Kepulauan Babel, Saiful Bahri mengapresiasi Program Siswa Mengenal Nusantara yang diinisiasi Perum Jamkrindo tersebut.

"Ini program yang sangat baik dari pemerintah dalam memberdayakan BUMN untuk berkontribusi di bidang pendidikan khususnya untuk siswa kurang mampu yang berprestasi di daerah," katanya.

Menurut Saiful, melalui program ini siswa siswi sebagai duta sekolah dan daerah dapat berbagi pengetahuan dan informasi tentang seni budaya, sosial masyarakat serta ekonomi, sehingga dapat memperkuat rasa persaudaraan dan persatuan dan kesatuan bangsa.

"Dengan saling kenal antarsiswa akan mempererat rasa persaudaraan dan nilai-nilai persatuan akan muncul antaranak bangsa ini," ujarnya.

Kegiatan yang merupakan bagian program BUMN Hadir untuk Negeri ini selalu disambut antusias oleh para siswa diseluruh Indonesia. Dengan program ini, siswa bisa mengenal budaya nusantara lebih dalam bahwa masih ada keanekaragaman budaya daerah yang tidak sama dari satu daerah dengan daerah lain dengan demikian wawasan tentang nusantara semakin luas.

Kegiatan ini akan terus keberlanjutan sebagai komitmen dari BUMN yang sudah dilaksanakan sejak tahun dua tahun lalu, bertujuan mengenalkan siswa untuk memahami budaya-budaya,mencintai keindahan alam, menghayati serta belajar dari potensi sumber daya alam dan leluhur bangsa ini. Harapannya para siswa SMN bisa mempunyai pengalaman positif dan akan merefleksinya untuk di kehidupannya dan masa depannya. **