Berita

Rini Tegaskan UMKM Perlu Bimbingan Kembangkan Produk

Berita | Jumat, 10 Maret 2017 17:46

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMNRini Soemarno mengatakan, usaha mikro kecil, dan menengah (UMKM) masih memerlukan bimbingan dan pendampingan dalam hal standar pengembangan produk, kualitas, serta pemanfaatan teknologi dan manajemen.

Rini menuturkan, UMKM juga membutuhkan akses ke pasar yang lebih luas melalui pameran dan penjualan online. Paling penting lagi, mereka butuh dukungan modal.

"Yang tak kalah penting, para pelaku UMKM perlu dukungan permodalan," ujarnya di Jakarta, Jumat (10/3/2017).

Karena itu, Rini menjelaskan, Kementerian BUMN mendorong BUMN untuk bersinergi membangun Rumah Kreatif BUMN (RKB) di seluruh kota atau kabupaten di Indonesia untuk memberikan solusi permasalahan-permasalahan tersebut.

Dia berharap, melalui RKB kehadiran BUMN benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat Indonesia, khususnya para pelaku UMKM.

"Apresiasi patut diberikan kepada Telkom yang menginisiasi event ini, sebagai implementasi RKB dalam memberikan kesempatan kepada para pelaku UMKM untuk memperoleh akses pasar lebih luas melalui kegiatan pameran dan digitalisasi bisnis," terangnya.

Dalam upaya meningkatkan kualitas dan daya saing UMKM di Indonesia, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) menyelenggarakan Pameran Telkom Craft lndonesia pada 10-12 Maret 2017 di Hall A Jakarta Convention Center (JCC).

Pameran yang mengambil tema Local Heroes to Global Champions ini dibuka secara resmi oleh Menteri Rini dan disaksikan para Direksi BUMN. 

Sumber: https://ekbis.sindonews.com