Berita

Perum Jamkrindo-FOGAPE Jalin Kerjasama Penjaminan UMKM

Berita | Selasa, 25 Oktober 2016 09:55

JAKARTA  I  Perum Jamkrindo melakukan penandatangan nota Kesepakatan bersama dengan  FOGAPE (Perusahaan Penjaminan di Chile) untuk kegiatan pertukaran informasi dan pengalaman penjaminan antara kedua instansi. Kerjasama ini dilakukan bersamaan digelarnya  Forum Penjaminan & Pembiayaan UMKM yang diselenggarakan oleh Komunitas penjaminan Ibero-Americano pada 20-21 Oktober 2016 di Chile, Amerika Selatan.


Penandatanganan diwailiki oleh Direktur Operasional dan Jaringan  Perum Jamkrindo R. Sophia Aliza  dan  Direktur Fondo de Garantia Para Pequenos Empresarios (FOGAPE) Oscar Gonzales Narbona di Santiago, Chile,  Jumat  (21/10/2016). 

Sophia mengatakan bahwa dengan adanya kerjasama ini, maka kedua belah pihak  dapat mengembangkan manfaat yang lebih baik dengan membangun hubungan yang kooperatif untuk kepentingan bersama.

Lebih lanjut, dikatakannya bahwa tujuan dari nota kesepahaman antara Perum Jamkrindo dengan FOGAPE adalah untuk mendorong pengembangan layanan penjaminan kredit di negara masing-masing dan pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi (UMKM-K), system penjaminan dan Sumber Daya Manusia.

“Kedua belah pihak sepakat untuk saling tukar informasi hasil publikasi antara lain tentang laporan tahunan dan laporan priodik lainnya dan informasi tentang pelayanan kredit, kondisi ekonomi nasional dan tren keuangan serta UMKM,” katanya.

Dengan adanya kerjasama ini juga kedua belah pihak dapat bertukar informasi masing-masing negara mengenai isu ekonomi, keuangan , kebijakan kredit dan lainnya untuk UMKM yang akan berdampat terhadap peluang bisnis di negara lain.

Bersamaan dengan itu, dengan difasilitasi duta besar Indonesia untuk Chile Philemon Arobaya, melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia di Chile (Embajada De La Republika De INDONESIA), pada Sabtu, (22/10/ 2016) rombongan Perum Jamkrindo yang terdiri dari  Dewan Pengawas dan direksi serta beberapa pejabat Kementerian BUMN menghadiri Forum Penjaminan & Pembiayaan UMKM. Dimana,  dalam Forum tersebut Perum Jamkrindo berkesempatan menjadi salah satu narasumber untuk  menyampaikan pengalaman dan skema penjaminan kredit UMKM di Indonesia.

Turut dalam rombongan ini yakni Ketua Dewas Perum Jamkrindo, Braman Setyo, Anggota Dewas Perum Jamkrindo Ida Noor Khomsiyati, Anggota Dewas Perum Jamkrindo Nasaruddin Umar, Asisten Deputi Layanan Hukum Kementerian BUMN Dwi Ary Purnomo, Kabag Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survey dan Jasa Konsultasi Khoerur Roziqin, Direktur MSDM, Umum, & Kepatuhan Perum Jamkrindo Nanang Waskito, Direktur PT Jamkrindo Syariah Gatot Suprabowo, Kadiv. Teknik administrasi Penjaminan Mahfudh Sudiyono, Kadiv Hukum Perum Jamkrindo M. Natsir Rahmadi dan Kadiv. Pemeringkatan UMKM dan Konsultasi Manajamen Nina Kurnia Dewi, Kepala SPI Achmad Sonhadji. (Humas)