Berita

Perum Jamkrindo Bina Dua Desa Pertanian di Sigi

Berita | Kamis, 25 Agustus 2016 01:00

PALU-  Perum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) dan PT (Persero) Bhanda Graha Reksa (BGR) merealisasikan program Pembinaan Desa dalam rangka BUMN hadir untuk Negeri yang digelar Kementerian BUMN guna memperingati HUT ke-71 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2016.

Kepala Perum Jamkrindo Cabang Palu Juanda Indarmawan sebagai penanggung jawab program mengemukakan bahwa dalam program pembinaan desa ini, pihaknya memilih dua desa yakni Desa Oloboju untuk demplot bawang merah dan Desa Loru, keduanya di Kecamatan Biuromaru, untuk demplot cabai.

Pembinaan desa dalam bentuk penyuluhan dan pemberian bantuan telah dilaksanakan di Desa Oloboju pada Rabu (24/8), dan akan dilanjutkan dengan kegiatan yang sama di Desa Loru pada 31 Agustus 2016.

Dalam penyuluhan dan dialog serta penyerahan bantuan itu, hadir pejabat Kecamatan Biromaru, Sekretaris Badan Pelaksanaan Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Sigi, Koordinator Laboratorium Pengamat Hama dan Penyakit, Kepala Badan Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Sigi serta Danramil Biromaru.

Sebanyak 50 warga anggota Kelompok Tani Maju Bersama Desa Oloboju menghadiri pertemuan tersebut dan mendapatkan penyuluhan selama sehari dari empat orang tenaga teknis.

Menurut Juanda, pihaknya memilih dua desa di Kabupaten Sigi sebagai desa binaan karena Sigi merupakan salah satu kabupaten di Sulteng yang memiliki lahan pertanian yang subur dan sangat cocok bagi pengembangan sayur-mayur dan buah-buahan.

Selain memberikan bekal pengetahuan dalam cara bercocok tanam yang intensif melalui tenaga-tenaga teknis yang berpengalaman, Perum Jamrindo juga memberikan bantuan-bantuan untuk keperluan budidaya seperti bibit tanaman buah untuk pekarangan yakni 50 pohon mangga, 50 pohon durian dan 100 pohon buah naga.

Sebelumnya, Perum Jamkrindo dan PT. BGR juga telah melaksanakan berbagai program BUMN hadir untruk negeri di berbagai tempat di Sulteng antara lain renovari rumah veteran, pemasangan listrik, MCK dan air bersih, pembangunan tempat penitipan anak di pasar, pasar murah, pemutaran film, jalan santai massal, pertukaran pelajar Sulteng dan Riau Kepulauan dalam program siswa mengenal nusantara, pembinaan narapidana yang akan bebas serta upacara bendera 17 Agustus.

Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan wujud nyata kehadiran BUMN dalam rangka membantu pemerintah dalam penyelenggaraan pembangunan serta membangkitkan rasa cinta Tanah Air serta membangun karakter bangsa. (Sumber: Antaranews.com)