Berita

37 BUMN Di Sulteng Meriahkan HUT Kemerdekaan RI

Berita | Rabu, 20 Juli 2016 16:25

PALU | Sebanyak 37 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Kota Palu, akan berkolaborasi di bawah koordinasi Perum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) untuk menggelar berbagai kegiatan sosial dan upacara guna memeriahkan HUT ke-71 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2016.

"Ada sekitar 13 kegiatan yang akan kita laksanakan bersama," kata Hamim Bugi Afianto, Kepala Kanwil IX Perum Jamkrindo saat memimpin rakor persiapan penyelenggaraan BUMN Hadir Untuk Negeri memeriahkan HUT kemerdekaan RI 2016 di Kantor PT Telkom Palu, Selasa, (19/7/2016).

Menurut Hamim, kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri ini merupakan yang kedua kalinya setelah dimulai pada 2015 berdasarkan instruksi Menteri BUMN No.S-391 Tanggal 30 Juni 2016.

Tujuan utama kegiatan ini adalah menanamkan rasa bangga sebagai bangsa yang memiliki keragaman kayana nusantara serta sebagai wujud peran BUMN di masyarakat, membangun pemahaman mengenai peran Kementerian BUMN sebagai agen pembangunan.

Kegiatan yang akan digelar ke-37 BUMN itu, kata Hamin, ada 13 jenis dimana lima di antaranya adalah kegiatan baru yang belum dilaksanakan tahun sebelumnya.

Kegiatan baru itu adalah pembinaan keterampilan untuk hidup mandiri bagi narapidana yang mendapatkan remisi kemerdekaan, pembinaan mantan atlet berprestasi, pembuatan tempat penitipan anak di pasar, pembinaan desa terpencil, perbatasan dan rawan konflik, dan pembangunan sarana air bersih untuk masyarakat.

Selain itu, BUMN-BUMN ini akan menggelar pasar murah dengan menjual 1.000 paket sembako bernilai Rp100.000 dengan harga hanya Rp25.000, jalan sehat, berbagai jenis lomba, serta upacara bendera pada 17 Agustus 2016.

Khusus kegiatan bedah rumah veteran seperti yang dilakukan tahun 2015, kegiatan BUMN hadir untuk negeri tahun ini akan merenovasi delapan rumah veteran yakni di Kabupaten Parigi Moutong tiga unit, Kota Palu tiga unit dan Kabupaten Donggala dua unit.

BUMN-BUMN ini juga akan mendukung program pertukaran pelajar sebanyak 20 orang antara Provinsi Sulawesi Tengah dan Provinsi Riau lewat program Siswa mengenal Nusantara` serta melanjutkan program BUMN mengajar dimana pemimpin-pemimpin BUMN ditugaskan mengajar di sekolah-sekolah SD sampai SMU/SMK.

Mengenai pendanaan kegiatan tersebut, Hamim tidak menyebutkan besarnya alokasi dana, namun mengatakan bahwa sesuai arahan Menteri BUMN, pendanaan disesuaikan dengan anggaran masing-masing BUMN dengan prioritas sumber dana dari biaya bina lingkungan, dana tanggung jawab sosial kemasyarakatan (CSR), dan biaya promosi dengan mengacu pada ketentuan perundang-undangan.

"Khusus untuk kegiatan di Sulawesi Tengah, sebagian besar anggaran dibebankan pada Perum Jamkrindo yang telah ditetapkan oleh Menteri BUMN Rini M. Sumarno sebagai PIC (person in charge) seluruh BUMN yang memiliki kantor/kegiatan di Kota Palu," ujarnya.

Ke-37 BUMN yang beroperasi di Kota Palu adalah Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, Pegadaian, Askrindo, Jasindo, PNM, Pertamina, Telkom, Bulog, LKBN Antara, Pelindo, Pelni, Pos Indonesia, PLN, Waskita Karya, Kimia Farma dan Adhi Karya.

Ada juga PT Taspen, Jiwasraya, ASDP Indonesia Feri, Garuda Indonesia, Jasa Raharja, Hutama Karya, Sucofindo, Banda Graha Reksa, Perusahaan Perdagangan Indonesia, Perum Percetakan Negara, Damri, Perumnas, Semen Tonasa, Pusri, Asabri, Pupuk Kaltim, Rajawali Nusa Indonesia. (Sumber : antaranews)