Berita

Perum Jamkrindo Raih Laba Rp664,14 Miliar

Berita | Rabu, 20 Mei 2015 11:40

Jakarta | Kinerja Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Perum Jamkrindo) mencapai hasil yang menggembirakan  sepanjang 2014. Satu-satunya BUMN bidang penjaminan ini  membukukan laba tahun berjalan mencapai Rp664,14 miliar. Jamkrindo juga mendapat  hasil audit wajar tanpa pengecualian (WTP) dari kantor akuntan publik  Husni Mucharam & Rasidi (HMR).
 
“Kami bangga dengan  berbagai capaian Perum Jamkrindo, terutama karena laba dan aset yang meningkat,” ujar Ketua Dewan Pengawas Perum Jamkrindo, Braman Setyo dalam keterangannya di Jakarta Jumat (15/5).
 
Braman, yang juga menjabat sebagai Deputi  Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM menjabarkan, capaian laba 2014 sebesar Rp664,14 miliar naik 9,95% dari target Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP-red)  2013 sebesar Rp604,02 miliar. Selain itu total aset perusahaan sebesar Rp10,02 triliun lebih besar  20,83% dari tahun sebelumnya yang hanya Rp8,29 triliun.
 
Hal senada disampaikan Dirut Perum Jamkrindo Diding S.Anwar.  Ia menyatakan prestasi baik lain yang dibukukan oleh Perum Jamkrindo adalah ekuitas perusahaan 2014 mencapai  Rp8,42 triliun atau meningkat 128,55% dibanding tahun  buku 2013 sebesarRp 6,55 triliun.
 
“Penilaian key performance indikator berbasis KPKU Perum Jamkrindo juga mencapai nilai 178% atau meningkat dari 2013 sebesar 127%,” ujar Diding di sela Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Perum Jamkrindo.
 
Indikator lain pertumbuhan kesehatan Perum Jamkrindo, dari hasil audit Kantor Akuntan Publik Husni Mucharam & Rasidi (HMR). Perusahaan BUMN penjaminan satu-satunya ini meraih kategori sehat atau AA.
 
Braman Setyo berharap ke depan kinerja perusahaan bisa terus dipacu dengan cara menciptakan  kreativitas dan inovasi dalam pengelolaan industri penjaminan. “Apalagi dalam waktu dekat UU Penjaminan akan segera diproses di DPR RI, semua lini perusahaan harus dioptimalkan,” tegas Braman Setyo.
 
Pada kesempatan terpisah  Diding S. Anwar meminta  jajarannya untuk tidak cepat puas dengan hasil yang ada. Menurutnya Rakernas Jamkrindo  yang dihadiri 35 Kantor Cabang dan 21 Kantor Unit Pelayanan dari seluruh tanah air kali ini harus menjadi momentum melecut performa terbaik jajarannya. (tim)