Berita

Jamkrindo Fokus Dengan UMKMK

Berita | Senin, 10 November 2014 11:15

Sebagai satu-satunya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Penjamin kredit, Perum Jamkrindo menyatakan sepenuhnya siap memberi dukungan penjaminan kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dan seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota Sekitarnya.
Hal ini pun dibuktikan dengan menggelar diskusi panel bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan tema “Sosialisasi Peran dan Fungsi Perusahaan Penjamin dalam mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi (UMKMK) di Provinsi Sumut” yang diadakan di Niagara Hotel Prapat,senin (10/11).
Direktur Utama Perum Jamkrindo, Diding S Anwar dalam kata sambutannya menyatakan, kegiatan yang dihadiri 22 Kepala daerah tingkat II (Bupati dan  Walikota) dan sejumlah perbankan yang ada di Sumut ini untuk memberi edukasi ke pada masyarakat terkait dukungan terhadap perekonomian nasional.
Perum Jamkrindo telah berdiri sejak 1970, memiliki visi menjadi perusahaan penjaminan terdepan yang mendukung perkembangan perekonomian nasional. Sedangkan misinya tersebut Tridharma Jamkrindo. Pertama, melakukan kegiatan penjaminan bagi perkembangan bisnis UMKMK. Kedua, memberikan pelayanan yang luas dan berkualitas. Ketiga, memberikan manfaat bagi stakeholder sesuai prinsip bisnis sehat.
Lanjutnya, Motto perusahaannya adalah “Solusi UMKMK Menuju Sukses”, sedangkan taglinenya “Mitra Terpercaya dalam Penjaminan”. Untuk itu, memang sudah tanggung jawab dan fokus kami untuk memajukan UMKMK. Kita siap memberi dukungan penjaminan kepada pemerintah Provsu dan juga Pemda. Ujar pria yang juga menjabat sebagai ketua Asosiasi Perusahaan Penjamin Indonesia ini.
Dalam kesempatan itu, ia juga mengenalkan pembicara dalam diskusi tersebut, diantaranya Direktur Pengaturan, Penelitian dan Pengembangan II OJK Bapak Yusman, Direktur Pengawasan Asuransi Industri Non Bank II OJK Bapak Darul Dimasqy K dan Kepala Kantor Wilayah I Perum Jamkrindo Bapak Yuliarso.
Dalam diskusi, Yuliarso menyampaikan, Jamkrindo dapat memberikan jaminan untuk membantu akses kredit bagi UMKMK yang mempunyai usaha layak namun tidak memenuhi persyaratan teknis perbankan, khususnya pemenuhan agunan.
Dengan jaminan Jamkrindo, perbankan akan lebih ekspansif dan lebih aman untuk salurkan kredit/pembiayaan kepada UMKMK. Mekanisme pengajuannya diawali dengan adanya pengajuan kredit oleh nasabah UMKMK kepada perbankan/kreditur, tandasnya.
 
Sumber : Harian Sumut Pos / terbit 11 November 2014