Berita

KUR di Maluku Utara Disalurkan Rp 85 Miliar

Berita | Jumat, 07 September 2012 11:50

Kredit Usaha Rakyat (KUR) tahun ini akan disalurkan dananya senilai Rp85 miliar yang diserap bagi 8000 debitur untuk mendorong sektor di bidang pertanian dan perikanan "Kami telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) 2012 senilai Rp85 miliar bisa menyerap 8000 debitur untuk mendorong sektor pertanian dan perikanan di Malut," kata Kepala Bank Indonesia (BI) Cabang Ternate, Marlison Hakim di Ternate, kemarin.

Untuk mendukung pelaksanaan program tersebut, perbankan juga melakukan kerjasama dengan sejumlah kabupaten/kota di Malut melalui pemberdayaan agar dapat meningkatkan koordinasi dan memberi masukan konstruktif dalam pengembangan ekonomi daerah. "Upaya dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat tetap diwujudkan oleh pemerintah, sehingga diharapkan adanya koordinasi dalam pengembangan ekonomi masyarakat secara berkelanjutan," katanya.

Menurutnya langkah pemerintah harusnya mendapat dukungan semua pihak, termasuk pelaku usaha dalam meningkatkan dan memberdayakan perkembangan ekonomi rakyat. Perbankan di Malut juga telah menandatangani kerjasama dengan Pemkot Ternate dalam pengembangan bio etanol untuk mendorong bio etanol pengganti energi BBM.

Untuk itu, pemerintah pusat diminta untuk memberi dukungan dengan menggulirkan program bantuan pengembangan Koperasi dan pedesaan di Malut, karena saat ini, Koperasi sangat berharap adanya dukungan dana segar bagi pengembangan usaha rakyat.