Berita

Tantangan BUMN kian berat

Berita | Kamis, 02 Februari 2012 08:35

Jakarta (ANTARA  News) - Menteri BUMN Dahlan Iskan di Jakarta, Selasa, mengumpulkan  direksi dan komisaris 141 BUMN untuk memperoleh pencerahan dari Ary  Ginandjar Agustian, pendiri Emotional Spiritual Quotion (ESQ) dengan  tema "Menuju BUMN Berkinerja Tinggi Melalui Pembangunan Budaya Kerja".

"BUMN  saat ini menghadapi tantangan yang kian besar sehingga membutuhkan pola  berpikir yang praktis, efisien, dan bernilai," kata Dahlan dalam  sambutannya.

Materi ceramah meliputi lima poin, yaitu tantangan  BUMN saat ini, pentingnya pembangunan kerja di BUMN, `accelerated  culture transformation` (ACT) di BUMN, tahapan accelerated culture  transformation, dan mitra pembangunan budaya.

Ia menjelaskan, BUMN kini berhadapan dengan situasi yang terus berubah dan tuntutan yang terus meningkat.

Mantan Dirut PT PLN ini menjelaskan, beberapa situasi eksternal  yang harus dihadapi BUMN antara lain kompetisi, peningkatan ekspektasi  pelanggan, serta percepatan perkembangan teknologi.

"Agar dapat berkinerja tinggi BUMN harus menemukan cara berpikir,  sudut pandang dan aturan baru melalui sebuah transformasi," katanya.

Sementara itu, Ary Ginanjar mengatakan dua jenis transformasi yang  harus dilalui BUMN, yaitu transformasi budaya, dan transformasi bisnis.

Transformasi budaya didasarkan pada visi, misi, nilai dan arti  penting dari perubahan, sedangkan transformasi bisnis meliputi strategi,  struktur dan manajemen.

"Dengan transformasi tersebut maka akan terjadi peningkatan  performa perusahaan, karena terjadi perubahan dalam kepemimpinan atau  "change leader" ujar Ginanjar.

Ia menjelaskan, pemimpin BUMN harus memiliki integritas atau kejujuran, antusias, semangat, profesional.

"Pemimpin BUMN harus menjadi role model dari nilai-nilai perusahaan," ujarnya.

Ditambahkannya, pemimpin harus menjaga sistem dengan mengedepankan  kejujuran, menjaga nilai-nilai dan aturan-aturan perusahaan serta secara  konsekuen berani bertanggungjawab, berpikiran ke depan.

sumber : http://www.antaranews.com/berita/294145/tantangan-bumn-kian-berat