Berita

PT Jamkrindo Berikan Bantuan Program Bina Lingkungan untuk Korban Bencana Pergerakan Tanah

Berita | Jumat, 19 Februari 2021 07:40

PT Jamkrindo melalui Gerakan Jamkrindo Peduli menyalurkan bantuan Program Bina Lingkungan untuk korban bencana pergerakan tanah di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Bantuan yang disalurkan berupa kebutuhan pokok dan perlengkapan sehari-hari.

Sekretaris Perusahaan PT Jamkrindo Abdul Bari mengatakan bahwa bantuan diserahkan sebagai empati dan tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat yang terkena dampak bencana alam. “Bantuan ini diharapkan akan meringankan beban masyarakat yang tertimpa musibah,” kata Abdul Bari dalam siaran tertulisnya Kamis, 18 Februari 2021.

Intensitas hujan yang tinggi akhir-akhir ini mengakibatkan banjir dan pergerakan tanah di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Tegalwaru, Purwakarta sehingga 88 keluarga dengan 392 jiwa harus direlokasi karena rumah tidak bisa lagi ditinggali akibat rusaknya bangunan.

Bantuan PT Jamkrindo diserahkan secara simbolis di Purwakarta oleh Tim Program Bina Lingkungan PT Jamkrindo beserta Tim Kantor Wilayah IV Bandung dan Tim Kantor Cabang Purwakarta.  Penyerahan bantuan dilakukan oleh Pemimpin Wilayah IV Bandung Dody Novarianto dan Pemimpin Cabang Purwakarta Robby Julandri kepada Ketua Tim Siaga Bencana Alam Desa Pasanggrahan, Riki.

Penyerahan bantuan disaksikan oleh Anggota DPR Daerah Pemilihan Purwakarta Puteri Komarudin pada Rabu, 17 Februari 2021.Bantuan yang diserahkan berupa paket sembako sebanyak 100 paket yang dibagikan ke masing-masing kepala keluarga korban bencana, makanan siap saji sebanyak 320 kotak, Air mineral, perlengkapan bayi, susu dan terpal.

Riki mewakili warga korban bencana pergerakan tanah menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian dan bantuan. Bantuan ini sangat berarti bagi warga korban bencana karena mereka kehilangan rumah dan proses relokasi yang membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain itu, Puteri Komarudin juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT Jamkrindo yang telah melakukan penyaluran bantuan ini.

PT Jamkrindo tidak hanya kali ini saja menyerahkan bantuan bagi korban bencana alam. PT Jamkrindo telah menyerahkan bantuan untuk korban bencana banjir di Lebak, Banten; bencana banjir di Garut dan Sumedang, Jawa Barat; bencana banjir di Jabodetabek, dan banjir bandang di Sukabumi, Jawa Barat. Selain menyerahkan bantuan Bina Lingkungan untuk korban bencana alam, PT Jamkrindo juga secara aktif berkontribusi dalam membantu masyarakat saat pandemi COVID-19.

Bantuan yang telah diberikan oleh perusahaan penjaminan kredit yang kini menjadi anggota holding Perasuransian dan Penjaminan dengan branding Indonesia Financial Group (IFG) itu adalah bantuan alat kesehatan, sembako, beasiswa pendidikan, bantuan pemberdayaan ekonomi masyarakat, dan bantuan-bantuan lain yang terkait dengan dampak Covid-19.

Sebagai perusahaan penjaminan kredit, PT Jamkrindo juga terlibat mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang digagas pemerintah memalui pemberian kredit modal kerja untuk melindungi, mempertahankan, dan meningkatkan kemampuan ekonomi para pelaku usaha, khususnya para pelaku UMKM.

Sebagai perusahaan penjaminan kredit, PT Jamkrindo memiliki berbagai produk, baik produk penjaminan program maupun penjaminan nonprogram. Pada penjaminan program, Jamkrindo memiliki produk penjaminan KUR, penjaminan KMK dalam rangka PEN, penjaminan sistem resi gudang, dan penjaminan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Adapun, untuk penjaminan non-program, produk penjaminannya adalah penjaminan kredit umum, penjaminan kredit mikro, penjaminan kredit konstruksi dan pengadaan barang/jasa, penjaminan kredit multiguna, penjaminan distribusi barang, surety bond, customs bond, penjaminan keagenan kargo, penjaminan supply chain financing (invoice financing), penjaminan kredit kendaraan bermotor (KKB/OTO), penjaminan kredit pemilikan rumah (KPR), penjaminan capital management guarantee (CGM), dan penjaminan bagi lembaga fintech. (*)