Berita

Perum Jamkrindo Resmi Buka Gelaran Festival UMKM 2019

Berita | Jumat, 29 November 2019 11:59

Festival ini digelar untuk yang pertama kali oleh Perum Jamkrindo dan diharapkan bisa terus digelar dalam rangka mendorong peningkatan dan pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Pembukaan dilakukan oleh Direktur Utama Perum Jamkrindo Randi Anto, Didampingi Direktur Keuangan Perum Jamkrindo I.Rusdonobanu dan Direktur Bisnis Penjaminan Amin Mas'udi padaJumat (29/11), di GOR Soemantri, Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta.

Acara Gelaran UMKM ini akan diselenggarakan selama dua kanberkahir pada Sabtu, 30 November 2019. Gelaran ini dimeriahkan dengan berbagai produk UMKM yang bisa dinikmati oleh masyarakat umum.

Direktur Utama Perum Jamkrindo Randi Anto mengatakan, kegiatan ini digelar sebagai Pertanggung jawaban sosial Jamkrindo untuk membesarkan UMKM. Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan semangat pengembangan UMKM dan meningkatkan perhatian masyarakat terhadap peran Jamkrindo.

"Festival UMKM ini dilaksanakan sekaligus untuk menguatkan peran dan fungsi Perum Jamkrindo sebagai satu-satunya BUMN di bidang penjaminan UMKM," ujar Randi Anto dalam sambutannya saat membuka acara.

Selain itu, Randi juga mengatakan, kegiatan ini juga dalam rangka memfasilitasi UMKM untuk meningkatkan kapabilitas usaha dan berjejaring usaha dengan berbagai pihak. "Di gelaran ini para pelaku UMKM bisa melakukan display produk mereka dan dipromosikan kepada masyarakat," tuturnya.

Untuk diketahui, Festival UMKM 2019 ini digelar dalam satu rangkaian acara dengan UMKM Appreciation Awards. Dalam awards ini, terdapat 68 UMKM yang menjadi nominasi, terdiri terdiri dari 37 usaha mikro, 18 usaha kecil, dan 13 usaha menengah. Selain itu, Perum Jamkrindo juga menyelenggarakan Seminar Economic Outlook 2020 yang bertajuk “Strategi Penguatan Kapabilitas SDM UMKM di Era Digital dan Persaingan Global”

Kepala Divisi Konsultasi Manajemen Peningkatan UKM, Ceriandri Widuri mengatakan, acara ini digelar dalam satu rangkaian acara selama dua hari, yakni Jumat dan Sabtu, 29-30 November 2019, di area Plaza Festival dan Hotel JS Luwansa. Ia mengungkapkan, festival ini digelar untuk yang pertama kali oleh Perum Jamkrindo dan diharapkan bisa terus digelar dalam rangka mendorong peningkatan UMKM.

"Ini merupakan pertama kali selama 49 tahun Jamkrindo berkiprah dalam mendukung dan menyediakan layanan penjaminan bagi UMKM. Ini juga sebagai bentuk kepedulian Jamkrindo dalam rangka membangun sosial efect dalam pengembangan UMKM," ujar Ceriandri dalam laporannya.

Ceriandri menjelaskan, UMKM yang ikut serta dalam Festival ini berjumlah 87 booth pameran. Produk-produk yang dipamerkan terdiri dari produk Fashion, kosmetik, makanan ringan, minuman, makanan besar, kemudian juga produk dari mitra Jamkrindo, serta dari Komunitas UMKM.

Selain pameran UMKM, kegiatan ini juga berisi kelas bisnis (business insight class), one-on-one coaching, booth perizinan usaha, kompetisi video pendek bertemakan "Social Impact UMKM", serta berbagai lomba bagi anak-anak seperti lomba mewarnai, youth mini soccer dan gobak sodor. (*)