Berita

Jamkrindo Raih Dua Penghargaan di Ajang Temu Karya Mutu

Berita | Minggu, 24 November 2019 05:49

Perum Jamkrindo meraih penghargaan di ajang Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional (TKMPN) XXIII diadakan di Kota Solo, Senin (18/11) hingga Jumat (22/11), di Hotel The Sunan Solo dan Hotel Aston Solo. Mengusung tema “Dengan Semangat Inovasi Kita Tingkatkan Mutu dan Produktivitas dalam Mendukung Era Industri 4.0”, TKMPN merupakan ajang unjuk kebolehan dan keberhasilan dari perusahaan-perusahaan swasta nasional dan BUMN dalam mengelola mutu dan produktivitas perusahaan, baik perorangan maupun kelompok dengan berbagai pendekataan sistem manajemen.

Pada perhelatan kali ini, Perum Jamkrindo mengirimkan dua inovasi yaitu Knowledge Manajement (J-Smart) dan e-office (Snapjam). Keduanya berhasil mendapatkan apresiasi peringkat Gold.  Direktur Utama Randi Anto mengatakan keberhasilan ini tidak terlepas dari budaya inovasi yang diterapkan di Perum Jamkrindo. "Penghargaan ini akan menjadi motivasi kami untuk terus melakukan improvement dan menghadirkan layanan terbaik" ujar dia.

Lebih lanjut, Randi mengatakan, Snapjam dan J-Smart merupakan inovasi yang telah memberikan dampak langsung kepada perusahaan. Melalui snapjam, saat ini sirkulasi memorandum di Perum Jamkrindo semakin efisien dan efektif. Snapjam telah berhasil menurunkan sirkulasi surat menyurat sebesar 85% dan memberikan efisiensi biaya ATK hingga ratusan juta rupiah.

Begitu juga dengan J-Smart yang telah berhasil meningkatkan kompetensi karyawan sehingga proses dan kualitas hasil kerja karyawan semakin efisien  dan efektif. Melalui aplikasi knowledge manajement, jumlah peserta pelatihan mengalami peningkatan sebesar 62%. Namun begitu biaya pelatihan per peserta mengalami efisiensi sebesar 86%. "Kami senantiasa mendorong para insan Jamkrindo untuk terus berinovasi," ujar Randi

Sebelum menerima penghargaan TKMPN, Perum Jamkrindo juga sebelumnya telah menerima penghargaan inovasi dalam ajang internasional yang merupakan rangkaian dari 25th Asia Pacific Quality Organization (APQO) Internasional Conference serta Indonesia Quality and Productivity Convention (IQPC) 2019. Dua inovasi Perum Jamkrindo yaitu SIPP dan SIMR memperoleh peringkat 3 star recognition. 

Dalam ajang tersebut Perum Jamkrindo juga memperoleh  penghargaan Best In Class dalam kategori keunggulan bisnis umtuk korporasi dan APQO President’s Award for Demonstrated Excellence 2019 khusus untuk Direktur  Utama Perum Jamkrindo Randi Anto.

Perum Jamkrindo adalah satu-satunya badan usaha milik negara (BUMN) di bidang  penjaminan. Melalui bisnis intinya, Perum Jamkrindo berusaha mendukung pengembangan usaha mikro, kecil, menengah, dan koperasi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional. Kontribusi Perum Jamkrindo dilaksanakan melalui penyediaan layanan penjaminan sehingga UMKM memiliki kesempatan untuk mendapat akses modal dari lembaga keuangan. 

Melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 Tahun 2018 tentang Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia, Perum Jamkrindo juga bisa melaksanakan penjaminan non-UMKM, tetapi dalam koridor sinergi BUMN. 

Dari segi kinerja bisnis,Perum Jamkrindo terus mencatatkan kenaikan volume penjaminan. Sampai September 2019, volume penjaminan kredit Jamkrindo mencapai Rp 162,89 triliun, atau meningkat 29,27% dari realisasi September 2018 yaitu Rp 126 triliun. Volume penjaminan tersebut berasal dari penjaminan non-KUR sebesar Rp 115,08 triliun dan penjaminan KUR sebesar Rp 47,81 triliun. (*)