Produk

Skema Subsidi Resi Gudang

Non Program | Minggu, 24 Juni 2018 17:38

Dasar hukum penjaminan Skema Subsidi Resi Gudang

  1. Undang-Undang No. 9 Tahun 2011 tanggal 8 Agustus 2011 tentang Perubahan Atas Undang-Undang No. 9 Tahun 2006 tanggal 14 Juli 2006 tentang Sistem Resi Gudang.
  2. Peraturan Menteri Keuangan RI No. 171/PMK.05/2009 tanggal 11 November 2009 tentang Skema Subsidi Resi Gudang.
  3. Peraturan Menteri Perdagangan RI No. 66/M-DAG/PER/12/2009 tanggal 29 Desember 2009 tentang Pelaksanaan Skema Subsidi Resi Gudang.

Bahwa dalam rangka menstabilkan harga komoditi pertanian setelah panen dan menampung produksi pertanian, pemerintah telah menetapkan program off farm hasil pertanian berupa sistem Resi Gudang, yang selanjutnya dalam rangka menjaga kesinambungan produksi pertanian setelah ditetapkannya program off farm, petani perlu memperoleh akses pembiayaan dari Bank Pelaksana/Lembaga Keuangan Non Bank dengan jaminan/agunan yang menggunakan Resi Gudang, untuk keperluan tersebut pemerintah telah menetapkan suatu skema pembiayaan yang disebut Skema Subsidi Resi Gudang.

Skema Subsidi Resi Gudang adalah kredit yang mendapat Subsidi Bunga dari Pemerintah dengan jaminan Resi Gudang yang diberikan oleh Bank Pelaksana/Lembaga Keuangan Non Bank kepada Petani, Kelompok Tani, Gabungan Kelompok Tani, dan Koperasi.

Subsidi bunga adalah bagian bunga yang menjadi beban pemerintah sebesar selisih antara tingkat bunga S-SRG yang berlaku dengan tingkat bunga yang dibebankan kepada peserta S-SRG.

  • Skema Subsidi Resi Gudang adalah memfasilitasi Petani, Kelompok Tani, Gabungan Kelompok Tani, dan Koperasi untuk memperoleh pembiayaan dari Bank Pelaksana/LKNB dengan memanfaatkan Resi Gudang sebagai jaminan/agunan guna menjaga kesinambungan produksi pertanian

Kegiatan yang dapat dibiayai melalui S-SRG adalah usaha produktif guna mendukung kegiatan produksi pertanian

Penjaminan Kredit Skema Subsidi Resi Gudang adalah penjaminan yang diberikan oleh Perum Jamkrindo kepada Terjamin atas Kredit Skema Subsidi Resi Gudang yang disalurkan olsh Penerima Jaminan berdasarkan Resi Gudang yang diterbitkan oleh Pengelola Gudang sesuai dengan Undang-undang No. 9 Tahun 2011 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2006 oleh Penerima Jaminan dengan jaminan komoditi/barang yang disimpan di gudang

Alur proses penjaminan Kredit Skema Subsidi Resi Gudang :

 

Stake Holder :

  1. Penjamin (Jamkrindo)
  2. Terjamin (Petani, Poktan, Gapoktan, dan Koperasi)
  3. Penerima Jaminan (Bank Penyalur Kredit SSRG)

 

DIVISI SRG JAMKRINDO

Untuk informasi dan penjelasan lebih lengkap, dapat mengajukan pertanyaan, kritik dan saran melalui

srg@jamkrindo.co.id