Berita

Sinergi BUMN: Perum Jamkrindo Jalin Kolaborasi Bersama PT Binagriya Upakara

Berita | Selasa, 23 Juli 2019 18:42

Kolaborasi antar perusahaan menjadi salah satu cara untuk memenangkan market di tengah persaingan bisnis yang sangat ketat. Perum Jamkrindo sebagai BUMN bidang penjaminan menjalin kerja sama dengan sesame perusahaan milik negara, PT Asuransi Binagriya Upakara.  

Penandatanganan kerja sama ini dilakukan langsung oleh Direktur Utama Perum Jamkrindo Randi Anto bersama dengan Direktur Utama PT Asuransi  Binagriya Upakara, Marisa Gemiralda. Penandatangan dilakukan di kantor Pusat Perum Jamkrindo pada Kamis, 18 Juli 2019. Dalam kesempatan itu, hadir pula jajaran direksi masing-masing perusahaan.

Kerja sama yang dilakukan ini diantaranya penandatanganan Perjanjian Kerja Sama tentang co-branding penempatan asuransi bagi terjamin bank atau lembaga keuangan dan lainnya. Direktur Utama Perum Jamkrindo Randi Anto menyampaikan, dengan terjalinnya kerja sama ini diharapkan dapat menguntungkan kedua belah pihak.

“Melalui sinergi BUMN ini selain akan memberikan hasil saling menguntungkan antara kedua belah pihak, tapi juga diharapkan kami menjadi semakin dekat dengan masyarakat,” ujarnya.

Sebelumnya, Perum Jamkrindo dan PT Asuransi Binagriya sudah menjalin  kerja sama dan telah menjadi mitra yang saling memberikan manfaat satu sama lain. Kerja sama yang sudah terjalin sebelumnya adalah penempatan asuransi kebakaran atas produk penjaminan kredit pemilik rumah (KPR) dan KPR sederhana dengan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP).  

“Pada kerja sama yang sudah dilakukan sebelumnya itu volume penjaminan yang di-co guarantee-kan oleh Perum Jamkrindo ke PT Binagriya Upakara mencapai 52,6 persen dari portofolio dari penjaminan KPR dan KPR sederhana FLPP,” imbuh Randi Anto.

Semantara untuk kerja sama terbaru yang dijalin oleh Perum jamkrindo dan PT Binagriya ini, keduanya sepakat akan melakukan kerja sama dalam bentuk pemasaran dan promosi produk asuransi Binagriya Upakara dengan obyek yang dikerjasamakan adalah asuransi personal accident, asuransi contractor all risk, asuransi family pro, asuransi kebakaran, asuransi property all risk, dan asuransi pengangkutan (marine cargo).

Tak hanya itu, melalui kerja sama tersebut, Perum Jamkrindo juga akan mempromosikan produk-produk dari asuransi Binagriya kepada terjamin bank atau lembaga keuangan dan lainnya melalui saluran distribusi yang dimiliki oleh Perum Jamkrindo.

“Melalui kerja sama ini, kedua perusahaan mendapatkan manfaatnya masing-masing. Kami Perum Jamkrindo mendapatkan presentase dan fee based, sementara PT Binagriya Upakara mendapatkan tambahan nasabah baru. Namun, di luar manfaat itu, masing-masing perusahaan juga mendapatkan manfaat lain yakni meningkatnya market share,” ujar Randi Anto.

Tidak dapat dipungkiri, dalam dinamkia perekonomian nasional dan perkembangan teknologi yang terus tumbuh sangat cepat dewasa ini, melakukan kerja sama atau kolaborasi antar peruashaan bisa menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan penetrasi pasar. Dengan melakukan kolaborasi oleh kedua belah pihak dengan berbagai keunggulan yang dimiliki masing-masing perushaan, penetrasi pasar yang dilakukan pun akan menjadi lebih optimal. Selain itu, dengan adanya kolaborasi yang terjalin juga akan membantu mempererat hubungan antar perusahaan dan tentu saja hal ini akan berdampak pada ruang persaingan bisnis yang sehat.

”Saya berharap kerja sama ini segera ditindaklanjuti. Saya sudah sampaikan kepada jajaran saya supaya kerja sama ini jangan hanya berhenti di atas kertas, harus segera direalisasikan. Karena ini sinergi BUMN yang sangat baik dan sama-sama menguntungkan,” kata Direktur Utama PT Asuransi  Binagriya Upakara, Marisa Gemiralda.