Berita

SINERGI BUMN, Perum Jamkrindo Pimpin Kegiatan Padat Karya di Ciamis

Berita | Jumat, 05 April 2019 06:12

Dalam rangka menyambut HUT Kementerian BUMN ke 21, Perum Jamkrindo sebagai koordinator pelaksana melakukan sinergi dengan PT LEN Industri (Persero), dan PT Indofarma (Persero) Tbk, menyelenggarakan kegiatan sosial di Desa Sandingtaman, Ciamis pada 4 April 2019.

Sinergi BUMN yang bertajuk BUMN Hadir Untuk Negeri ini  melibatkan 1.000 orang warga Desa Sandingtaman dan juga ratusan milenial BUMN.

Rangkaian acara terdiri dari program padat karya berupa bersih-bersih kampung, penyerahan bantuan perbaikan sarana sekolah, bantuan renovasi masjid, serta penyediaan pangan murah.

Hadir dalam acara ini Kepala Bidang Monitoring dan Evaluasi Tanggung Jawab Sosial (TJSL) Kementerian BUMN Sandra Firmania, Direktur Keuangan Perum Jamkrindo I. Rusdonobanu, Direktur Operasional dan Jaringan Kadar Wisnuwarman. Turut mendampingi Kepala Wilayah IV Bandung Perum Jamkrindo Dody Novarianto dan Kepala Cabang Tasikmalaya Perum Jamkrindo Mohammad Zaky.

Turut hadir pula VP Corporate Secretary PT Len Industri (Persero) Atini Hasanah , Manajer PKBL Donny Gunawan, Manajer Komunikasi Korporasi Rastina Anggraeni. Sementara dari Indofarma diwakili AVP Human Capitan PT Indofarma Rahmat Komarudin.

Dari aparat desa hadir Camat Kecamatan Panjalu H. Erwin Hermawan dan Kepala Desa Sandingtaman: Bapak Tatang Rohendi serta para kepala dusun dan juga perangkat desa.

Direktur Keuangan Perum Jamkrindo I. Rusdonobanu  mengatakan semangat HUT Kementerian BUMN kali ini ingin memberikan kontribusi yang sebesar-besarnya untuk negeri. "Peran BUMN selain berkontribusi dalam pembangunan ekonomi nasional juga memiliki peran dalam pembangunan sosial di masyarakat dengan beragam program untuk  memberdayakan masyarakat yang bertujuan pada peningkatan taraf hidup masyarakat,” tutur Rusdono.

Dalam program penyedian pangan murah Perum Jamkrindo berkolaborasi dengan layanan keuangan elektronik berbasis aplikasi, Link Aja. Dengan begitu masyarakat setempat bisa membeli paket pangan murah dengan menggunakan promo aktivasi Link Aja. "Aktivasi LinkAja di acara ini merupakan dukungan BUMN terhadap upaya sosialisasi transaksi non tunai yang digalakkan Pemerintah," ujar Rusdono.

Adapun bantuan bina lingkungan lainnya yang diberikan di Desa Sandingtaman ialah berupa perbaikan sarana dan prasaran sekolah senilai Rp 120 juta yang ditujukan untuk di tiga sekolah dasar. Selain itu ada bantuan renovasi rumah ibadah sebesar Rp 10 juta.

Lebih lanjut, Rusdono mengatakan kegiatan padat karya tunai berupa bersih-bersih kampung di desa Sandingtaman melibatkan 1000 orang warga setempat. Selain itu, untuk memeriahkan acara juga terdapat kegiatan  pertunjukan hiburan serta sharing session mengenai ajakan  hidup sehat.

"Para millenial BUMN juga turut terlibat langsung dalam acara bersih-bersih bersama dengan warga," ungkap Rusdono.

Dengan partisipasinya seluruh elemen di perusahaan, harapannya dapat mewujudkan Kampung Sehat BUMN. "Sinergi antara Perum Jamkrindo, LEN dan Indofarma ini merupakan juga perwujudan dari semangat One Nation One Vision One Family To Excellence," tutup Rusdono.

Secara terpisah Direktur Utama Perum Jamkrindo  Randi Anto sangat antusias dengan kegiatan ini, kegiatan ini mencerminkan  BUMN hadir untuk negeri dan untuk rakyat melalui kegiatan sosial yang dilaksanakan oleh semua BUMN untuk meriahkan HUT Kementeriam BUMN yang ke 21.

"ini merupakan komitmen serta wujud nyata peran Perum Jamkrindo untuk terus berperan aktif dalam pembangunan sebagai bentuk kerja nyata BUMN," katanya. (*)