Berita

Perum Jamkrindo Gelorakan Semangat Merah Putih di Provinsi Gorontalo

Berita | Kamis, 09 Agustus 2018 11:02

Sebagaimana fungsinya sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang penjamin kredit, Perum jamkrindo memposisikan diri sebagai lokomotif pertumbuhan usaha mikro, kecil, menengah, dan koperasi (UMKMK). Sebagai wujud peran BUMN Hadir untuk Negeri, di usianya yang telah memasuki 48 tahun, BUMN penjaminan kredit ini hadir di seluruh provinsi dalam upayanya memberikan dukungan penuh terhadap pertumbuhan usaha mikro, kecil, menengah, dan koperasi (UMKMK). Kali ini, giliran Provinsi Gorontalo mendapat dukungan penuh dalam penguatan pertumbuhan usaha UMKMK, serta serangkaian penguatan inisiatif-inisiatif sosial dari Perum Jamkrindo.

Serangkaian kegiatan penguatan inisiatif-inisiatif sosial dari Perum Jamkrindo di provinsi Gorontalo sekaligus dalam rangka menyambut hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2018. Secara khusus, BUMN bidang penjamin kredit Perum Jamkrindo mendapatkan amanah sebagai koordinator pelaksana kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri di Provinsi Gorontalo. Dalam pelaksanaannya, berbagai acara telah disiapkan untuk menggelorakan semangat merah putih di Provinsi Gorontalo antara lain  dengan kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN), jalan sehat, dan upacara bendera serta pemenuhan kebutuhan dasar.

Dalam program SMN, Perum Jamkrindo akan mengirimkan 24 siswa terbaik  dari Provinsi Gorontalo untuk melakukan pertukaran pelajar ke Provinsi Lampung selama delapan hari agar saling mengenal keanekaragaman budaya maupun kekayaan alam antar provinsi. Sebanyak 3 siswa di antaranya merupakan siswa berkebutuhan khusus, namun perjalanan mereka akan mendapat pendampingan oleh  pengawalan guru serta Dinas Pendidikan, Kebudayaan, dan Olahraga (Dikbudpora) Provinsi Gorontalo. 

Selain SMN, Perum Jamkrindo juga memeriahkan hari ulang tahun (HUT)  RI ke-73 dengan melaksanakan Jalan Sehat 5 KM di Lapangan Taruna Remaja Jalan Ahmad Yani dengan jumlah peserta 3.000 orang. Tak hanya itu Perum Jamkrindo juga membangun sarana dan prasarana umum, program padat karya, pasar murah, serta menyediakan sarana air bersih di sekitar lokasi Pantai Hiu Paus Kabupaten Bone Bolango. "Program BUMN Hadir untuk Negeri ini merupakan komitmen serta wujud nyata peran Perum Jamkrindo bagi masyarakat,” kata Direktur Utama Perum Jamkrindo Randi Anto.

Randi menjelaskan, kehadiran BUMN penjaminan kredit, Perum Jamkrindo di Provinsi Gorontalo merupakan presentasi nyata, komitmen serta bagian dalam semangat kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri (BHUN). BHMN merupakan sebuah program yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN sejak tahun 2015, sebagai wujud kehadiran BUMN untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di seluruh pelosok nusantara sekaligus menjadi bagian dalam membangun pemahaman para pemangku kepentingan (stakeholders) mengenai peran BUMN sebagai agen pembangunan untuk turut serta membangun negeri.

Selain hadir di Provinsi Gorontalo, Perum Jamkrindo juga telah melaksanakan rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri, seperti penyelenggaraan Mudik Gratis dan Safari Ramadhan. Tahun ini, Perum Jamkrindo telah memberangkatkan 1.300 orang peserta mudik, memberikan bantuan 4.800 paket sembako gratis, dan santunan 3.470 anak yatim bersamaan dengan kegiatan safari Ramadhan. Dalam waktu dekat Perum Jamkrindo akan turut berpartisipasi dalam program Sambungan Listrik Gratis untuk Keluarga tidak mampu dan melakukan bedah rumah karyawan.

Sebagai satu-satunya badan usaha milik negara (BUMN) di bidang penjaminan kredit, Perum Jamkrindo mendukung pengembangan perekonomian nasional. Didirikan sejak tahun 1970, Perum Jamkrindo dipercaya menjadi lokomotif pertumbuhan usaha mikro, kecil, menengah dan koperasi (UMKMK) di Indonesia melalui usaha penjaminan. Perum Jamkrindo mencatatkan kinerja penjaminan yang positif hingga semester I-2018. Volume penjaminan kredit pada Semester I/2018 tercatat sebesar Rp 86,298 triliun atau tumbuh 22,5  persen. Adapun, total aset Jamkrindo sepanjang semester I-2018 mencapai Rp 15,132 triliun. (*)