Berita

Mengenang Jasa Pahlawan

Ratusan pejabat dan karyawan Perum Jamkrindo mengenang jasa para Pahlawan Kemerdekaan Republik Indonesia dengan menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan di halaman belakang Kantor Pusat Perum Jamkrindo, Kemayoran, Jakarta, pada 10 November 2017.

Upacara yang berlangsung khidmat itu dipimpin oleh Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Utama Perum Jamkrindo I. Rusdonobanu. Hadir pula dalam kesempatan itu jajaran Direksi, Kepala Divisi dan Fungsional Utama. Dalam kesempatan itu, Rusdonobanu membacakan pidato Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.

”Setiap tanggal 10 November, kita seluruh Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan. Mengenang para pendahulu kita, pahlawan dan perintis kemerdekaan,” katanya. Dia melanjutkan, mereka dengan segenap pemikiran, tindakan dan gerakan perjuangan kolektif yang mereka lakukan, sehingga saat ini bangsa Indoensia bisa menikmati hidup di bumi Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bangsa yang sederajat dengan bangsa lain.

Para Pendiri bangsa mengabarkan pesan penting bahwa setelah kemerdekaan diraih, maka tahapan selanjutnya adalah berdaulat, adil dan makmur. Oleh karena pesan fundamental itulah maka peringatan Hari Pahlawan 10 November tahun 2017 ini mengambil tema “Perkokoh Persatuan Membangun Negeri”.

”Apabila kita mampu bersatu sebagai satu bangsa, maka kita dapat maju bersama-sama dan mendistribusikan berkah kemerdekaan bagi seluruh masyarakat Indonesia,” ujar Rusdono mengutip pidato Menteri Sosial.

Hari Pahlawan yang diperingati saat ini didasarkan pada peristiwa pertempuran terhebat dalam riwayat sejarah dekolonisasi dunia, yakni peristiwa “Pertempuran 10 November 1945” di Surabaya. Sebuah peristiwa yang memperlihatkan kepada dunia internasional, betapa segenap Rakyat Indonesia dari berbagai ras, suku, agama, budaya dan berbagai bentuk partikularisme golongan, bersama-sama melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak dan menyerahkan hidupnya, jiwa raganya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. (*)

 

Berikan Komentar

scroll up