Berita

Perum Jamkrindo Hadir untuk Negeri di Bangka Belitung

Perum Jamkrindo bersama dengan PT Sucofindo (Persero) bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Babel) menyelenggarakan beberapa kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri sebagai komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Salah satu program yang baru saja selesai dilaksanakan adalah kegiatan Siswa Mengenal Nusantara. Disamping itu nanti juga dilaksanakan kegiatan bedah rumah veteran (BRV), jalan sehat, dan upacara bendera pada 17 Agustus mendatang.

“Program BUMN Hadir untuk Negeri ini wujud nyata peran Perum Jamkrindo sebagai perusahaan BUMN di masyarakat,” kata Direktur Keuangan, Investasi dan Manajemen Risiko Perum Jamkrindo, I. Rusdonobanu saat penutupan program SMN di Rumah Dinas Gubenur Provinsi Bangka Belitung, Senin, 24 Juli 2017 malam.

Perum Jamkrindo sebagai satu-satunya BUMN yang bergerak dalam bisnis penjaminan kredit bagi UMKM dan Koperasi sudah secara rutin melaksanakan pogram BUMN Hadir untuk Negeri sejak tahun 2015 yang lalu. Pada tahun-tahun sebelumnya Perum Jamkrindo melaksanakan kegiatan ini di Aceh, Palu, Sulawesi Tengah dan kini di Bangka Belitung.

Pelaksanaan kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI tahun 2017 yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan difasilitasi oleh seluruh BUMN yang memilliki wilayah kerja di 34 provinsi seluruh Indonesia. Kegiatan ini juga didukung oleh pemerintah daerah, khususnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bangka Belitung.

Rusdono menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi bagian dalam membangun pemahaman para pemangku kepentingan (stakeholders) mengenai peran BUMN sebagai agen pembangunan untuk turut serta membangun negeri.

“Melalui kegiatan ini  para peserta maupun pemangku kepentingan diharapkan akan memiliki pandangan yang baik tentang Kementerian BUMN dan seluruh BUMN Indonesia, yang telah berperan dalam meningkatkan kesejahteraan bangsa, melalui kerja nyata yang berdampak secara langsung bagi masyarakat,” kata Rusdono.

Untuk program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) tahun ini, Kepala Divisi Akuntasi dan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Diana Mayawati menjelaskan Perum Jamkrindo dan Sucofindo bekerja sama dengan Pemda setempat khususnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bangka Belitung memberangkatkan 20 pelajar ke Provinsi Jawa Barat. Pada hari yang sama Provinsi Bangka Belitung juga menerima kedatangan 25 pelajar dari Jawa Barat yang telah lulus seleksi.

Bertindak sebagai pelaksana peserta program SMN di Bangka Belitung adalah Perum Jamkrindo sebagai koordinator dan PT Sucofindo. Sementara untuk pelaksanaan di Bandung Jawa Barat adalah Bank Mandiri, PT Bio Farma, PT Jasa Tirta II dan PTPN VIII.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya menumbuhkan dan memupuk rasa kebanggaan berbangsa dan bertanah air Indonesia kepada seluruh masyarakat di seluruh pelosok negeri,” kata Diana.

Diharapkan kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa kebanggaan bagi putra-putri bangsa sehingga ke depannya Indonesia mampu tegak berdiri sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan keragaman budaya, bahasa daerah, dan suku bangsa, serta menanamkan rasa bangga sebagai bangsa yang memiliki keberagaman kekayaan nusantara serta sebagai wujud nyata peran BUMN di masyarakat.

Kegiatan SMN diisi dengan berbagai kegiatan seperti kunjungan ke berbagai sekolah dan perusahaan BUMN, pengenalan seni budaya antarsiswa dan daerah-daerah wisata, kunjungan pada sentra industri UKM dan perusahaan tambang timah, pengenalan pengetahuan kewirausahaan dan proses bisnis dari BUMN penyelenggara sehingga dapat mengetahui peran serta perusahaan BUMN dalam membangun bangsa. (*)

 

Berikan Komentar

scroll up