Berita

PERINGATAN HUT KE-47 PERUM JAMKRINDO

Perum Jamkrindo Tumbuh Menjadi Lokomotif Industri Penjaminan

Perum Jamkrindo merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-47 yang diperingati pada tanggal 3 Juli 2017 yang berlangsung serentak di seluruh kantor Cabang Perum Jamkrindo di seluruh Indonesia. Rangkaian acara ulang tahun dimulai dengan upacara dilanjutkan dengan Tasyakuran, pemotongan tumpeng oleh Direktur Utama Perum Jamkrindo Diding S.Anwar sekaligus Halal Bihalal seluruh warga Perum Jamkrindo diantaranya jajaran manajemen dan seluruh karyawan/ti Perum Jamkrindo serta anak Perusahaan PT. Jamkrindo Syariah.

Sejak beroperasi pada 1970 hingga saat ini Perum Jamkrindo telah banyak memberikan kontribusi nyata untuk memajukan UMKMK di Indonesia. Di usianya yang ke-47, Perum Jamkrindo terus tumbuh menjadi lokomotif industri penjaminan di Indonesia. Tema yang diusung tahun ini adalah Penjaminan UMKMK Menuju Indonesia Gemilang.

"Perusahaan terus berkomitmen memperluas pasar penjaminan dengan membuka kerjasama baru kepada perbankan maupun non perbankan serta melakukan kajian-kajian strategis untuk menciptakan produk penjaminan sesuai dengan yang ditawarkan oleh perbankan/non bank,” kata Diding dalam sambutannya.

Diawali dengan dari berdirinya Lembaga Jaminan Kredit Koperasi (LJKK) berdasarkan Keputusan Menteri Transmigrasi dan Koperasi Nomor 99/Kpts/MENTRANSKOP/1970, tanggal 1 Juli 1970 Pemerintah mendirikan Lembaga Jaminan Kredit Koperasi (LJKK) untuk mendukung perkembangan koperasi di Indonesia melalui penjaminan kredit yang disalurkan oleh koperasi.

Selanjutnya Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 1981, tanggal 23 Desember 1981 tentang Pendirian Perum Pengembangan Keuangan Koperasi, pemerintah melebur dan mengabungkan LJKK kedalam Perum PKK. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 95 Tahun 2000, tanggal 7 November 2000 tentang Perusahaan Umum (Perum) Sarana Pengembangan Usaha, Perum PKK berganti nama menjadi Perum Sarana Pengembangan Usaha.

Seiring berjalannya waktu Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2008, tanggal 19 Mei 2008 tentang Perusahaan Umum (Perum) Jaminan Kredit Indonesia, Perum Sarana Pengembangan Usaha berganti nama Perum Jamkrindo.

Memperhatikan sejarah peleburan LJKK kedalam Perum PKK, maka tonggak awal berdirinya Perum Jamkrindo ditetapkan dan diperingati setiap tanggal 1 Juli mengacu pada tanggal berdirinya LJKK. Dengan demikian Perum Jamkrindo telah berusia 47 Tahun.

Dengan telah disahkannya UU Penjaminan No. 1 tahun 2016 dan POJK No. 1, No.2 dan No.3 Tahun 2017 oleh Pemerintah semakin mengukuhkan industri penjaminan dan membuka kesempatan Perum Jamkrindo untuk terus berkembang sebagai perusahaan penjaminan yang mendukung perekonomian di Indonesia melalui penjaminan kepada UMKMK.

Pada 2017 Perum Jamkrindo berada pada posisi strategis yang bertumbuh seiring dengan pertumbuhan ekuitas dan aset perusahaan. Total aset perusahaan per 31 Mei 2017 adalah sebesar Rp Rp.14,018 Trilyun. Sedangkan jumlah ekuitas Rp.10,594 Trilyun.

Sementara perolehan Laba sebelum pajak konsolidasian per 31 Mei 2017 sebesar Rp 320,106 Miliar dan volume penjaminan yang sudah dilakukan oleh perusahaan mencapai Rp.20,296 Triliun, sedangkan volume Penjaminan untuk kredit Non KUR sebesar Rp. 38,646 Triliun. Tahun ini, Perusahaan terus berupaya meningkatkan kinerja melalui berbagai inisiatif strategis. Inisiatif strategis yang pertama adalah memperluas jaringan melalui penambahan Kantor Unit Pelayanan dengan total sudah mencapai 56 kantor cabang dan 14 Kantor Unit Pelayanan yang ada saat ini.

Untuk kehandalan bisnis, perusahaan juga mengimplementasi sistem IT terintegrasi dalam rangka untuk meningkatkan efektifitas proses bisnis untuk mendukung kegiatan operasional. Inisiatif selanjutnya adalah optimalisasi jaringan operasional yaitu dengan cara menetapkan standarisasi organisasi, target bisnis, tampilan dan klasifikasi unit kerja yang akan diterapkan di seluruh kantor cabang Perum Perum Jamkrindo.

Rangkaian kegiatan HUT ke-47 Perum Jamkrindo dimeriahkan dengan kegiatan pertandingan olahraga, donor darah, Jamkrindo Talent show, pemberian santunan, Lomba Karya Tulis dan Foto Jurnalistik. Selain itu, juga dilaksanakan pembagian sembako gratis bagi warga sekitar kantor Perum Jamkrindo sebanyak 7.775 paket di seluruh Indonesia, kegiatan Safari Ramadhan di 5 Kabupaten/Kota terluar, yaitu Kabupaten Watampone, Kota Tanjung Selor, Kota Lubuk Linggau, Kabupaten Mandailing Natal, dan Kabupaten Flores, guna menyampaikan Santunan kepada Anak yatim serta penyelenggaan lomba olahraga bagi karyawan Perum Jamkrindo. (*)

 

Berikan Komentar

scroll up