Berita

Safari Ramadhan Perum Jamkrindo, Berkunjung ke Mandailing Natal

Kegiatan Safari Ramadhan Perum Jamkrindo terus berlanajut. Kali ini, pada 17 Juni 2017, Perum Jamkrindo mengunjungi Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara. Perjalanan menuju kabupaten ini cukup melelahkan, ditempuh dalam waktu sekitar 5 jam perjalanan darat (137 Km) dari Pandan, Ibu Kota Kabupaten Tapanuli Tengah. Sebelumnya tim Safari Ramadhan Perum Jamkrindo di  Bandar Udara Dr. Ferdinand Lumban Tobing, Tapanuli Tengah.

Safari Ramadhan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam memperingati HUT Perum Jamkrindo ke 47 yang jatuh tahun pada 1 Juli 2017. Kegiataan ini  diikuti oleh Pejabat Perum Jamkrindo dengan melakukan kunjungan kerja ke beberapa wilayah kerja Perum Jamkrindo dengan tujuan menjalin silaturahmi juga untuk memberikan pembinaan dan motivasi bagi karyawan untuk meningkatkan kinerjanya. Sekaligus juga melakukan kegiatan sosial dengan memberikan santunan kepada Anak Yatim Piatu di wilayah kerja Perum Jamkrindo yang ada di daerah tersebut

Dalam kunjungan ke Mandailing Natal ini, diwakili oleh Kepala Divisi SPI Bapak Untung Heri, Kepala Kanwil I, Bapak Adnan Lukman Hatta dan Kepala Cabang Medan, Bapak Abdillah Putra untuk melakukan buka bersama dan pemberian santunan kepada Anak Yatim Piatu di Panti Asuhan Siti Aisyah yang terletak di Panyabungan, Mandailing Natal. Sebelum mengunjungi panti asuhan, rombongan Safari Ramadhan Perum Jamkrindo, menyempatkan diri singgah dan membeli cendera mata di sakah satu pelaku UMKM, yakni di Kampung Kaos Madina (KKM). Sobir Lubis pemilik KKM, menyambut gembira kebedaran Perum Jamkrindo di Mandailing Natal. Ia berharap BUMN ini dapat lebih memaksimalkan lagi potensi UMKM yang cukup besar di kabupaten tersebut.

Tiba di Panti Asuhan Siti Aisyah, rombongan disambut dengan penuh kekeluargan oleh anak-anak penghuni panti dan para pengurusnya. Panti asuhan ini, dikelola langung oleh Dina Sosial, Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal.

Untung Heri dalam kesempatan ini menjelaskan bahwa kegiatan Safari Ramadhan Perum Jamkrindo ini tidak hanya dilakukan di Mandailing Natal saja, namun juga di berbagai daerah di wilayah kerja Perum Jamkrindo di seluruh Indonesia. Seperti di Watampone Sulawesi Selatan, Tanjung Selor (Kalimantan Utara), Flores (Nusa Tenggara Timur), dan Lubuk Linggau (Sumatera Selatan).

Khusus kegiatan Safari Ramadhan di Mandailing Natal ini, dilakukan juga dalam rangka persiapan pembukaan Kantor Unit Pelayanan (KUP) di Kabupaten tersebut. “Persiapan masih terus dilakukan, dalam dua atau tiga bulan ke depan kami mentargetkan KUP di Mandailing Natal ini sudah beroperasi,”ujar Untung. Melalui KUP ini Untung berharap Jamkrindo akan semakin maksimal melayani para pelaku UMKM di Mandailing Natal.

Pemberian santunan kepada panti asuhan ini merupakan bukti bahwa keberadaan Perum Jamkrindo, sebagai salah satu BUMN, dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat di sekitarnya.  Selain memberi santunan kepada setiap anak di panti asuhan tersebut yang jumlahnya mencapai 52 orang, Perum Jamkrindo juga memberi bantuan operasional kepada Panti Asuhan Siti Aisyah.

Pihak Panti Asuhan yang diwakili oleh Bapak mrul Rangkuti, tokoh Pemuka Agama Islam di Kabupaten Mandailing Natal, menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Perum Jamkrindo yang telah peduli kepada anak-anak Yatim Piatu di Mandailing Natal. Beliau pun mendoakan semoga Perum Jamkrindo terus berjaya di masa-masa mendatang, sehingga bisa makin banyak memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkanya.

Perum Jamkrindo merupakan BUMN yang bergerak di Bidang Penjaminan yang telah 47 tahun melayani UMKM Indonesia melalui penyediaan jasa penjaminan, dan bermitra kerja dengan perbankan dan non bank. BUMN ini konsisten mengemban visi dan misi serta tujuan Perusahaan melalui Budaya TRUST, Motto (Solusi UMKMK Menuju Sukses) dan Tagline (Mitra Terpercaya Dalam Penjaminan), Perum Jamkrindo siap memberikan penjaminan kredit/pembiayaan berdasarkan prinsip syariah atau kontrak jasa kepada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Ruang lingkup usaha Perum Jamkrindo adalah melakukan penjaminan komersial dan melakukan penjaminan penugasan Pemerintah yaitu Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Penjaminan Sistem Resi Gudang (SRG) atau Warehouse Receipt System.

Saat ini Perum Jamkrindo memiliki 9 Kantor Wilayah dengan 56 Cabang dan 14 KUP dengan 19 Divisi di Kantor Pusat dan didukung oleh 1528 orang SDM, dan dimilikinya anak perusahaan yaitu PT Penjaminan Jamkrindo Syariah (Jamsyar) yang sudah memasuki tahun ke 3. Dasar hukum bisnis penjaminan di Indonesia telah kuat dengan terbitnya UU No. 1/2016 tentang Penjaminan serta Peraturan OJK yang telah terbit di 2017. (*)

 

Berikan Komentar

scroll up